Home » Adventure » 5 Wisata Alam Yang Wajib Anda Kunjungi Di Jawa Barat

Jawa Barat menjadi salah satu provinsi dengan wisata alam terbanyak di Indonesia. Mulai dari wisata gunung, air terjun, hingga pantai bisa kamu temukan dengan mudah di sini. Saking banyaknya, wajar jika kamu merasa bingung menentukan pilihan destinasi. Kami sudah merangkum daftar rekomendasi wisata alam Jawa Barat untuk kamu. Beberapa tempat wisata alam ini juga belum terlalu ramai pengunjung, sehingga kamu pun bisa lebih leluasa menikmatinya. Ayo simak selengkapnya

1. Pantai Madasari

Pantai Madasari berlokasi cukup jauh dari Pangandaran. Untuk bisa sampai di sini, dari Pangandaran menuju ke arah Cimerak, melewati objek wisata Pantai Batu Hiu dan Green Canyon. Dari Cimerak kemudian lurus ke Legokjawa, belok kiri ke Bulakbenda dan sampai di Madasari. Alamat pantai Madasari berlokasi di Jl. Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat .

Fasilitas yang tersedia di wisata ini masih terbatas dan dikelola langsung oleh masyarakat setempat. Untuk toilet dan musholla tak perlu khawatir, warung-warung yang berdiri sudah menyiapkan fasilitas tersebut. Sementara jika ingin bermalam alternatifnya adalah berkemah. Jika tidak membawa tenda, sudah ada jasa penyewaan tenda yang siap digunakan oleh kalian , tempat ini sangat cocok untuk acara private loh

2. Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur

Situs Megalitikum Gunung Padang diperkirakan lebih tua dari Piramida Giza di Mesir. Susunan batu di Gunung Padang seolah mencerminkan kemegahan dan kecanggihan teknologi di zaman dahulu. Hal unik lain dari situs ini adalah keberadaan sebuah batu persegi yang bisa berfungsi sebagai alat musik. Kabarnya, batu tersebut akan mengeluarkan bunyi-bunyi berbeda saat.

Karena legendanya, Situs Gunung Padang bahkan pernah dikunjungi tiga mantan Presiden RI mulai dari Soekarno, Soeharto, hingga Megawati Soekarnoputri. Menurut warga setempat, Gunung Padang menjadi tempat Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam. Kalau kamu ingin mengunjungi situs bersejarah Gunung Padang, langsung saja menuju Karyamukti, Cempaka, Cianjur.

3. Pulau Biawak, Indramayu

Seperti namanya, pulau ini memang menjadi rumah bagi ratusan biawak. Salah satu atraksi yang kerap diburu wisatawan adalah saat ratusan biawak berkumpul di tepi pantai untuk mencari mangsa. Selain itu, ada pula mercusuar yang berdiri sejak 1872 dan terdiri dari 16 lantai serta 30 anak tangga memutar. Dari mercusuar, kamu bisa melihat hamparan pasir dan birunya laut yang indah. Lokasi Pulau Biawak sendiri berada sekitar 40 kilometer dari sisi utara Pantai Tirtamaya, Indramayu. Untuk mencapai Pulau Biawak, kamu bisa menyeberang dengan perahu motor dari Pantai Tirtamaya selama kurang lebih 1,5 jam.

4. Gunung Papandayan, Garut

Bagi yang suka naik gunung, kamu patut mengunjungi Gunung Papandayan. Dari pusat Kota Garut, lokasinya cukup dekat dan bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam . Akses pun semakin mudah karena banyak angkutan kota yang melalui lokasi ini. Jalur trekking di Gunung Papandayan bisa dibilang tidak terlalu sulit, sehingga cocok bagi pendaki pemula.

Perjalanan mendaki akan makin berkesan karena di sepanjang jalur kamu bisa menikmati pemandangan alam khas gunung. Mulai dari danau atau curug, melewati hamparan bunga-bunga, hingga tanaman pegunungan bisa kamu temukan di sini. Tarif tiket masuknya sekitar Rp30.000 dan belum termasuk sewa fasilitas. Jika perlu, kamu juga bisa menggunakan jasa pemandu lokal selama perjalanan

5. Tebing Citatah, Padalarang

Destinasi Bandung

Stone Garden merupakan hamparan tanah berisi batuan yang tersusun tak beraturan dan dipadu dengan ladang rumput yang menyebar. Stone Garden sendiri merupakan tempat yang amat bersejarah, hal ini dapat diketahui dari fosil-fosil makhluk laut purbakala seperti koral menempel pada batu. Geowisata Stone Garden sendiri di bagi menjadi tiga zona, yang pertama adalah zona umum yang dapat digarap untuk fasilitas tertentu, seperti parkir, spot untuk pendirian bangunan, dan lainnya. Kedua, zona wisata yakni di mana para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas dalam taman batuan, baik untuk sekadar menikmati objek alam yang tersedia, bahkan kegiatan tertentu misalnya event, camping, prawedding, atau lainnya. Sedangkan yang terakhir adalah zona konservasi. Zona ini dijaga ketat pihak pengelola karena terdapat objek batuan yang biasanya digunakan untuk penelitian dari pihak akademisi.

Sudah tentukan pilihan ingin berlibur ke wisata alam Jawa Barat yang mana? Apapun pilihannya, pastikan kamu mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin ya. Jika anda ingin berlibur tanpa ribet dan tinggal duduk manis ,anda bisa menggunakan jasa Rental Mobil di Bandung untuk mengantarkan liburan anda ke berbagai tempat liburan favorit di Bandung . Selamat berlibur !!

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Contact Us

If you have any questions, please contact us.