Home » Adventure » Tradisi Lebaran Di Indonesia yang Masih Terjaga Sampai Sekarang


Selama ini mungkin kita tidak menyadari bahwa di setiap Lebaran Idul Fitri kita selalu melakukan kegiatan2 yang akan kita bahas berikut ini, dan percaya atau tidak kegiatan ini cuma ada di Indonesia loh sob, yuk langsung saja kita bahas dibawah ini :

Ada beberapa kegiatan yang sudah menjadi tradisi lebaran bagi masyarakat Indonesia. Tradisi lebaran ini sudah terjadi secara turun-temurun sebagai warisan budaya bangsa yang masih belum terkikis oleh modernisasi jaman.

Berikut ini kegiatan yang sudah menjadi tradisi lebaran bagi masyarakat Indonesia:

Mudik

Banyaknya para perantau, baik dari luar kota maupun luar pulau untuk mencari nafkah jauh dari kampung halaman, membuat tradisi mudik tidak pernah terlewatkan di setiap Lebaran dari tahun ke tahun.

Apalagi libur lebaran umumnya lebih panjang daripada libur di hari lain, sehingga orang-orang memiliki banyak waktu untuk pulang kampung ataupun berkunjung ke sanak saudara yang berada jauh khususnya orangtua.

Mudik merupakan tradisi terbesar di hari Lebaran bagi masyarakat kita. Para pemudik bisa mencapai puluhan juta per tahun.
Kalau kalian pada mudik kemana nih sob?

Halal Bi Halal

Halal bi halal adalah istilah untuk saling mengunjungi teman, tetangga, dan sanak saudara untuk saling ber maaf-maaf-an.

Tradisi ini bahkan juga mengikuti perkembangan jaman dengan melakukan halal bi halal melalui media online dan gadget modern. Kini banyak di antara kita yang saling bermaafan melalui handphone, media sosial, dan semacamnya.

Takbir Keliling

Malam Lebaran selalu ditandai dengan kumandang takbir untuk merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Dan sebagai tradisi kita sering melakukan takbir keliling baik dengan menggunakan kendaraan maupun sekedar berjalan kaki. Kebersamaan masyarakat sangat terlihat di saat-saat seperti ini

Menabuh Bedug

Dengan bersamaan kumandang takbir, umumnya orang-orang juga akan menabuh bedug sebagai ungkapan kebahagiaan mereka. Tabuhan bedug ini dilakukan seirama sehingga membuat suasana malam lebaram semakin marak dan mengharukan.

Ketupat

yaaa, Siapa sih yang ga tau ketupat kan sob,,makanan ini wajib ada setiap kali kita merayakan Idul Fitri, bahkan menjadi salah satu ikon Lebaran

Sepulang shalat Idul Fitri, biasanya menu sarapan berupa ketupat sudah tersaji dengan menarik. Ketupat Lebaran ini biasanya dimakan dengan opor ayam, rendang daging, semur dan kerupuk udang. Bahagia rasanya berkumpul bersama keluarga dan makan ketupat Lebaran bersama-sama.

THR ( Tunjangan Hari Raya )

Wohohooo,, nah ini niih, siapa hayo yang paling nunggu2 yang satu ini?
pastinya oleh semua kalangan yaaa,


THR atau uang saku ini sudah menjadi tradisi untuk dibagikan kepada anak-anak kecil. Hal ini juga yang paling ditunggu-tunggu. Selain itu perusahaan-perusahaan juga akan mengeluarkan THR untuk para karyawannya. hal ini juga telah menjadi ketetapan pemerintah.

Tradisi Baju Baru

Sebenarnya tradisi ini memacu pada kata Iedul Fitri ( Kembali suci ) nah jadi segala sesuatu di Iedul Fitri kalau bisa serbga baru, termasuk [akaian juga ya sob
tapi itu juga kalau budget kita memungkinkan, kalau misalkan ga ada budget yaa jangan memaksakan juga ya sob .

Rekreasi

Tentu saja di moment lebaran ini adalah waktunya untuk keluarga yaa Menghabiskan waktu libur lebaran biasanya saling mengunjungi rumah saudara dan sekaligus berpergian ke tempat wisata. Tradisi ini membuat tempat-tempat wisata penuh dikunjungi orang-orang yang ingin menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga.
dan di Bandung ini adalah salah satu tujuan wisata turis dalam negeri maupun luar negeri, dengan menawarkan tak hanya wisata alam namun wisata kuliner dan wisata belanja nya pun sangat menggiurkan untuk dikunjungi loh sob

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Contact Us

If you have any questions, please contact us.