Home » Artikel » Tips Yang Perlu di Ketahui Sebelum Liburan Ke Kota Bandung

Selamat Sore Sobat Traveler’s,
Bandung memang merupakan primadona tempat wisata di Jawa Barat. Kota kembang ini setiap harinya tidak pernah sepi dengan para pengunjung yang ingin menikmati suasana nyaman kota bandung. mereka yang datang ke bandung kebanyakan ingin menikmati beragam tempat wisata di bandung yang menarik dan menyenangkan. Jika kita bicara mengenai liburan ke bandung Wisata alam serta Wisata kulinernya lah yang menjadi primadona, bahkan fashion nya pun tak kalah menarik loh sobat, dan satu lagi nih sob yang poasti bakal kalian temui ketika Wisata ke Kota Kembang ini. MACET, tapi jangan khawatir sob, Kita ada beberapa tips nih sebelum sobbat pergi liburan ke kKota Bandung, Let’s check it out!!

1. Hindari Waktu Musim Liburan/ Long Weekend

Tips liburan ke  Bandung dari jakarta yang pertama adalah hindari musim libur. Sebaiknya kita tidak berkunjung ke bandung saat musim libur tiba. Seperti halnya musim libur panjang. Hal ini dikarenakan pada saat-saat tersebut pengunjung yang ada di bandung akan semakin banyak. selain itu mungkin kita juga akan agak kesulitan untuk mendapatkan penginapan yang kita inginkan. Jika hal itu terjadi maka liburan kita akan menjadi tidak menyenangkan, bahkan yang ada liburan kita akan sangat menjengkelkan.  Kemungkinan terburuk adalah kita akan terjebak macet yang cukup panjang dan membosankan. Tapi jika kemungkinan itu adalah “Best Time” anda, tidak ada cara lain selain yaa datang ke bandung nya subuh atau dari malem nya ya sob.

2, Menggunakan Alat Transportasi Publik

Iya benar Sob, salah satu Transportai umum primadona di Negara kita adalah Kereta Api. Kereta api merupakan salah satu mode transportasi yang cukup menarik untuk kita coba. Banyak sekali kereta api yang menuju ke Bandung. Untuk waktu tempat kereta api sendiri memang bisa dikatakan cukup cepat jika dibandingkan dengan mode transportasi yang lain. Selain itu kita juga akan bebas dari segala macet yang bisa sangat membosankan. Maka Kereta Api bisa jadi slah satu alternatif transportasi kita sob, ika kalian ingin menggunakan kereta, maka sebaiknya memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya agar tidak kehabisan.

3. Buat Jadwal Sederhana/Run Down Acara Kalian Selama di Bandung

Pastikan kalian memiliki jadwal yang pasti untuk melakukan kegiatan liburan kalian. Pembuatan jadwal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting agar kita tidak berlebihan dan kehilangan waktu. Pembuatan Jadwal ini sendiri buka untuk membatasi liburan kalian, namun untuk membuat liburan kalian tetap terkontrol. Jika kalian tidak dapat mengontrol waktu liburan kalian maka yang ada adalah kekecewaan nantinya.

4. Kenali Daerah Wisata di Kota Bandung

Panduan berikutnya sebagai tips liburan ke Bandung dengan nyaman ialah anda bisa mengenali beberapa wilayah strategis yang ada di Bandung. Ada beberapa wilayah atau area yang patut anda ketahui selama berkunjung ke kota ini.  Area ini mudah diingat, baik dengan area nama jalan yang terkenal maupun berdasarkan landmark yang terkenal di kawasan tersebut.

Wilayah-wilayah tersebut diantaranya ialah sebagai berikut:

Kawasan Dago, satu area yang sangat populer di Bandung. Di sini biasa diadakan Car Free Day saat hari Minggu.

Kawasan Cihampelas, area ini merupakan jalan satu arah. Satu jalan yang terkenal di Bandung. Anda bisa menemukan Mall Cihampelas Walk (Ciwalk) dan menikmati skywalk pedestrian yang sangat unik di Teras Cihampelas Bandung.

Kawasan Lembang, terletak di sebelah utara kota Bandung. Anda bisa menemukan banyak lokasi wisata, baik wisata alam maupun kuliner di area ini. Contohnya wisata Gunung Tangkuban Perahu, wisata alam di Orchid Forest Cikole, dan berbagai tempat wisata lainnya.

Kawasan Ciwidey, area ini bisa anda temukan jika anda menuju ke bagian selatan Kota Bandung. Area ini termasuk area sejuk dan dingin, terutama saat malam hingga pagi hari. Anda bisa menemukan tempat wisata seperti Kawah Putih, Perkebunan Teh Rancabali, hingga Situ Patenggang di sini.

Kawasan Cibaduyut, satu area terkenal di Paris van Java. Wilayah ini terkenal sebagai tempat pengrajin sandal dan sepatu kulit yang berkualitas di Bandung.

Kawasan Asia Afrika, sebuah kawasan yang penuh dengan nilai sejarah di Kota Bandung. Anda bisa menemukan alun-alun dan Masjid Agung kota Bandung. Selain itu, ada Gedung Merdeka dan bangunan tua lainnya.

Anda juga bisa menikmati wisata unik dengan penampilan para seniman Bandung yang menggunakan aneka kostum di sepanjang jalan ini. Mulai dari kostum superhero hingga kostum hantu yang menakutkan.

Kawasan Jalan Diponegoro, area yang berada di pusat Kota Bandung. Area tempat bekerja Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat bekerja, yaitu di Gedung Sate. Selain itu, ada lapangan Gasibu dan pasar kaget yang bisa anda nikmati setiap hari Minggu pagi.

Selain itu, anda bisa menemukan Masjid Pusdai dan Taman Lansia di area sepanjang Jalan Diponegoro ini.

Kawasan Jalan Riau, satu area yang sangat populer, terlebih bagi anda yang ingin melakukan wisata belanja dan wisata kuliner di kota Bandung. Banyak Factory Outlet yang menjual berbagai pilihan baju trendy di sini.

Setelah lelah berbelanja, anda bisa meneruskan wisata dengan berburu makanan dan kuliner di restoran yang banyak tersebar di kawasan ini.

Kawasan Jalan Setiabudi, satu kawasan di bagian utara Bandung yang menjadi salah satu area untuk anda yang gemar belanja. Banyak tersebar factory outlet di sini. Tentunya dilengkapi dengan beberapa restoran dan hotel.

Kawasan Otista, yang merupakan singkatan dari Jalan Otto Iskandardinata. Pasar Baru terletak di sini. Anda bisa puas berbelanja dengan harga terjangkau di kawasan ini.

Tentunya harus pintar tawar menawar ya dengan para pedagang di Pasar Baru supaya mendapatkan harga yang pas untuk anda ?

Kawasan Braga, satu area eksotik yang harus anda kunjungi. Suasana kota tua sangat kental di area ini. Di sepanjang jalannya, anda bisa menikmati deretan bangunan tua yang dilengkapi berbagai spot foto yang keren dan instagrammable.

5. Masuk Dari Pintu Gerbang Tol Selain Pasteur

Tidak jarang wisatawan pergi ke Bandung dengan memakai kendaraan atau mobil pribadi. Satu gerbang masuk paling populer untuk masuk ke kota Bandung ialah melalui gerbang Tol Pasteur.

Tidak jarang antrian kendaraan yang panjang terlihat di gerbang tol Pasteur. Barangkali anda pernah mengalami hal ini? Tahukah anda, bahwa ada banyak gerbang tol yang tersedia untuk masuk ke kota Bandung?

Tips liburan ke Bandung berikutnya ialah dengan memilih gerbang tol yang tersedia selain gerbang tol Pasteur. Gerbang tol untuk masuk ke kota Bandung yang telah disediakan ialah sebagai berikut:

  • Gerbang tol Cileunyi
  • Gerbang tol Kopo
  • Gerbang tol Pasir Koja
  • Gerbang tol Buah Batu

Anda bisa pilih salah satu dari banyak pilihan di atas supaya tidak terjebak macet panjang di gerbang tol Pasteur.

6. Pilih Penginapan / Hotel yang Dekat Dengan Tempat Anda Wisata

Setelah menyusun jadwal sederhana untuk mengunjungi tempat wisata yang mana saja, anda bisa mulai mencari alternatif tempat menginap. Banyak sekali tempat menginap di Bandung, mulai dari yang murah meriah hingga hotel bintang lima.

Panduan tips liburan di Bandung berikutnya ialah dengan mencari tempat penginapan atau hotel yang lokasinya dekat dengan tempat wisata yang akan anda kunjungi.

Mengapa sebaiknya cari yang dekat?

Dengan lokasi hotel atau penginapan yang dekat, anda bisa menghemat waktu yang anda perlukan saat akan menuju tempat wisata. Jika anda terpaksa berwisata ke Bandung saat peak season atau masa libur panjang, maka anda akan bertemu dengan kemacetan lalu lintas yang sangat luar biasa.

Waktu tempuh akan menjadi lebih lama dari biasanya, apabila anda salah perhitungan dalam memilih tempat penginapan saat liburan. Selain itu, dengan lokasi hotel yang lebih dekat, anda juga bisa menghemat biaya transportasi selama anda berlibur di ibukota Jawa Barat ini.

Tentu perhitungkan kenyamanan juga saat memilih hotel atau tempat penginapan. Ingat, nyaman tidak harus mahal, bukan? ?

7. Transportasi Dalam Kota

Saat anda sudah tiba di Bandung dan ingin memulai petualangan dan sensasi berlibur, maka moda transportasi akan sangat penting gunanya bagi anda. Jika anda membawa mobil atau kendaraan pribadi, maka anda bisa jauh lebih leluasa saat menjelajah kota Bandung.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir bila anda tidak membawa kendaraan pribadi. Panduan tips liburan ke Bandung berikutnya ialah dengan mengenali pilihan moda transportasi yang tersedia.

Jika salah satu pilihan anda ialah menggunakan ojek atau taksi online, anda bisa dengan mudah menemukan di kota ini. Mulai dari Gojek, Grab, hingga Uber. Anda bisa memesan berbagai layanan tersebut melalui smartphone yang anda miliki.

Pilihan transportasi lain yang tersedia di Bandung diantaranya ialah angkutan kota (angkot), bus DAMRI, hingga taksi konvensional. Bahkan anda bisa menyewa kendaraan sendiri di tempat rental mobil. Rata-rata tariff sewa mobilnya akan berbeda-beda. Mulai dari Rp 300.000 per hari anda sudah bisa menyewa kendaraan untuk berkeliling kota.

Anda bisa memilih bagaimana kelebihan dan kekurangan dari tiap penyedia jasa transportasi di Bandung.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Contact Us

If you have any questions, please contact us.