Home » Adventure » Antusiasme Wisatawan Domestik Mengunjungi Objek Wisata Ciwidey

FOURSTAR-HOLIDAY | Kota Bandung sudah lama terkenal memiliki banyak objek wisata yang menarik, mulai dari wisata belanja, kuliner hingga wisata alam yang begitu mempesona salah satunya adalah objek wisata Ciwidey yang terletak di kawasan Bandung Selatan.

Ciwidey merupakan sebuah kecamatan yang berada di kawasan Bandung Selatan, namanya memang terdengar sedikit unik. Menurut penduduk di sana nama Ciwidey berasal dari bahasa Portugis kuno, yang terdiri dari kata ciwi artinya kiwi dan dey artinya hari. Tetapi ada juga yang menyebut Ciwidey berasal dari bahasa Yunani kuno, yang terdiri dari kata Ciwow yang berarti sapi dan Dos yang artinya lima. Menurut kepercayaan penduduk setempat, Ciwidey dulu adalah tempat lahirnya sapi berkepala lima.

Sejak pandemi Covid-19 melanda negeri ini banyak tempat – tempat wisata yang terimbas karena ditutup. Selain sepi pengunjung juga merupakan dampak dari pembatasan sosial berskala besar yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Akan tetapi sejak beredar kabar pemerintah akan melakukan new normal,sejumlah objek wisata Ciwidey mulai mendapat banyak booking dalam beberpa bulan ke depan bahkan ada yang sudah penuh hingga bulan September 2020. Beberapa hari terakhir ini objek wisata Ciwidey memang sudah banyak didatangi oleh wisatawan domestik, padahal seluruh objek wisata di kawasan tersebut masih ditutup.

Kebanyakan dari mereka hanya berswafoto karena memang tidak ada kawasan wisata yang buka, tetapi dari hal tersebut bisa dinilai bahwa antusiasme wisatawan domestik untuk mengunjungi objek wisata Ciwidey masih tinggi. Karena selama ini masyarakat selalu diam di rumah, beraktivitas semua di rumah, tentu banyak yang merasa bosan. Sehingga saat new normal nanti kemungkinan besar objek wisata Ciwidey akan ramai dikunjungi wisatawan domestik. Bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata di Ciwidey apa saja, berikut daftar tempat wisata yang bisa menjadi pilihan wisata Anda nantinya.

OBJEK WISATA CIWIDEY

  1. Kawah Putih.

Kawah Putih merupakan objek wisata Ciwidey yang cukup terkenal dan paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Berlokasi di Jalan raya Soreng, Sugih Mukti, Pasir Jambu, Kabupaten Bandung. Objek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, adanya sebuah danau kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha, kawah tersebut dikelilingi pasir putih dan warna air dari danau tersebut kadang berubah – ubah tergantung dari kadar belerang yang terdapat pada air kawah tersebut. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wistawan. Selain itu kawasan wisata ini juga sejuk dan segar sehingga banyak wisatawan yang betah berlama – lama di kawasan ini.

  1. Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah wisata danau yang terkenal dengan keindahannya. Terletak di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Situ Patenggang terhampar dikelilingi hutan yang rimbun, dan adanya batu cinta di tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Batu cinta tersebut diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat bertemunya Ki Santang dan Dewi Rengganis. Selain itu di sana juga ada daratan yang berbentuk hati yang dikenal dengan nama Pulau Asmara atau Sasaka. Mitos yang beredar bagi siapa yang datang ke sana jodohnya akan langgeng.

  1. Kebun Teh Rancabali

Objek wisata Ciwidey selain menawarkan wisata danau dan kawah juga menawarkan wisata pegunungan, wisata tersebut adalah Kebun Teh Rancabali. Berlokasi di perlintasan jalan dari Kawah Putih ke Situ Patenggang. Objek wisata ini menawarkan pemandnagan alam yang hijau dan eksotis serta luas menghampar tanaman teh, yang terkadang dihiasi oleh kabut putih yang semakin menambah keindahan alamnya. Ditambah udaranya yang sejuk dan segar semakin membuat betah para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Itulah beberapa objek wisata Ciwidey yang dapat menjadi referensi Anda untuk berwisata. Semoga dapat bermanfaat dan tetap selalu berhati – hati apabila melakukan wisata nanti. Tetap perhatikan anjuran pemerintah dan selalu melakukan protokol kesehatan. Selamat berlibur di era new normal.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Contact Us

If you have any questions, please contact us.