Home » Uncategorized » 22 Tempat Wisata Bandung, Yang Hits 2019

Rero Rivaldi

Jembatan Pasoepati Bandung

Jembatan Pasoepati Bandung

Kota Bandung merupakan salah satu kota wisata di Indonesia yang sangat terkenal dengan keindahan wisata alamnya. Tak heran jika membahas tempat wisata Bandung memang takkan pernah ada habisnya. Pesonanya yang begitu memanjakan, seolah tak ada habisnya untuk dikagumi. Tak sedikit orang yang menjadikan Bandung sebagai tujuan liburan menjelang akhir tahun 2018.

Alternatif yang tersedia bisa dibilang cukup komplet. Teman Traveler bisa memilih destinasi alam, buatan, hingga memanjakan lidah dengan berwisata kuliner. Bagi kalian yang berencana menghabiskan akhir tahun ini di Kota Kembang, berikut Travelingyuk sajikan deretan pilihannya.

1. Kebun Teh Pengalengan

wisata bandung - Kebun Teh Pengalengan
Kebun Teh Pengalengan via Shutterstock

Wisata Bandung satu ini pas untuk Teman Traveler yang ingin mencari suasana tenang, sembari duduk mengagumi panorama alam. Atmosfer yang ditawarkan di sekitar area Kebun Teh Pengalengan sungguh syahdu. Kualitas udaranya juga bagus, sangat segar dan membuat tubuh rileks.

Mengunjungi lokasi bakal terasa lebih berkesan jika bersama pasangan atau sosok terkasih. Namun datang sendirian pun tak ada salahnya, sebab keindahan alam akan selalu terasa mempesona meskipun hanya dinikmati seorang diri.

wisata bandung Kebun Teh Pengalengan
Panorama Kebun Teh Pengalengan via Shutterstock

Selain mengagumi panorama indah Kebun Teh Pengalengan, di sini Teman Traveler juga bisa melaksanakan beragam kegiatan seru lainnya. Mulai dari mengunjungi pusat pengolahan susu sapi, hingga bermain di sejumlah mata air alami. Bukan rahasia lagi bahwa daerah Pengalengan punya beberapa objek wisata keren seperti Situ Cileunca dan Pemandian Air Panas Cibolang.

2. Situ Cileunca

wisata bandung Situ Cileunca
Situ Cileunca via Shutterstock

Tak salah rasanya jika banyak orang menjuluki Bandung sebagai kota romantis. Ada banyak destinasi yang menawarkan atmosfer magis nan menghipnotis. Mengajak serta keluarga atau sosok terdekat bakal memberikan pengalaman liburan tak terlupakan.

Salah satu lokasi romantis yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Situ Cileunca. Sama sepert Kebun Teh Pengalengan, nuansa natural terasa sangat kental di sini. Kalian bisa berjalan-jalan santai sembari mengagumi indahnya pemandangan sekitar.

wisata bandung Cileunca
Senja di Cileunca via Shutterstock

Musim hujan bukan halangan untuk datang ke Situ Cileunca. Kabut yang tercipta di sekitar lokasi bakal memberikan atmosfer magis yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Pas sekali untuk dijadikan latar belakang berfoto.

Jika sudah puas berjalan-jalan, Teman Traveler bisa menjajal beragam kegiatan seru di Situ Cileunca. Selain kemping, kalian juga bisa berarung jeram atau trekking. Tiket masuk ke kawasan ini cukup murah, hanya di kisaran 2,5 ribu rupiah.

3. Stone Garden

wisata bandung Stone Garden
Matahari terbenam di Stone Garden via Shutterstock

Kekayaan Indonesia memang begitu luar biasa. Tak hanya pemandangan indah, sejumlah situs sejarah pun bertebaran di seluruh Nusantara. Salah satunya ada di Bandung, tepatnya di Gunung Pawon, Kampung Girimulya.

Puncak Gunung Pawon memiliki sejumlah formasi bebatuan unik, yang diyakini sebagai tempat tinggal manusia purba atau nenek moyang orang Sunda pada zaman dahulu kala. Tempat ini sekarang dikenal sebagai Stone Garden atau Taman Batu, dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di kalangan turis.

wisata bandung Stone Garden
Formasi bebatuan indah via Shutterstock

Pastikan Teman Traveler berhati-hati saat mengunjungi Taman Batu. Gunakan pakaian dan bawalah peralatan yang dibutuhkan untuk menjaga keselamatan. Jangan sampai lalai karena terlalu fokus mencari spot menarik untuk berfoto.

4. Tebing Masigit Padalarang

wisata bandung Tebing Masigit
Tebing Masigit via Instagram diki_ardian_1312

Tidak hanya sekedar wisata Instagenic maupun objek buatan, Bandung ternyata juga punya destinasi khusus untuk Teman Traveler yang hobi memacu adrenalin. Lokasinya ada di Padalarang, tepatnya di Tebing Masigit. Kawasan ini memiliki sederet tebing karst yang biasa jadi arena uji ketangkasan para pegiat olahraga panjat tebing.

Teman Traveler yang tidak berminat memanjat tebing tetap bisa merasakan keseruan di Tebing Masigit. Salah satunya dengan menjajal foto di atas hammock yang digantung di antara dua tebing. Pastinya bakal menjadi pengalaman liburan berkesan. Namun ingat, jangan pernah melakukan pose ini tanpa bantuan ahli dan peralatan khusus.

Wisata Bandung Tebing Masigit
Hammock di Tebing Masigit via Instagram.com/irfansaefulloh0891

Tebing Masigit Padalarang terletak di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Teman Traveler harus siap merogoh kocek cukup dalam jika ingin berfoto di atas tebing menggunakan hammock.

5. Floating Market Lembang

Wisata Bandung Floating market Lembang
Floating market Lembang via Shutterstock

Siapa bilang pasar apung hanya ada di Kalimantan, Sumatra, atau Thailand. Bandung pun ternyata punya tempat khusus di mana para pedagangnya berjualan di atas kapal. Destinasi yang dimaksud adalah Floating Market Lembang.

Sesuai namanya, Floating Market berada di kawasan tempat wisata Bandung Lembang. Lokasi ini tergolong anyar karena baru dibuka pada 2012 lalu. Pengunjung bisa berjalan-jalan menikmati indahnya pemandangan sekitar, sembari mencoba beragam kuliner lezat yang ditawarkan para penjaja.

Wisata Bandung  Floating Market
Pemandangan di Floating Market via Shutterstock

Selain makanan kecil atau camilan, Floating Market Lembang juga menawarkan beragam makanan berat. Rata-rata harga sajian di sini berkisar antara 5 hingga 35 ribu rupiah. Tiket masuknya juga tak terlalu mahal, hanya sekitar 10 ribu rupiah dan bisa ditukarkan dengan minuman selamat datang.

6. Tebing Keraton

Wisata Bandung Tebing Keraton
Pemandangan dari puncak Tebing Keraton via Shutterstock

Berfoto di ketinggian sembari mengagumi indahnya pemandangan jadi tren di kalangan traveler belakangan ini. Hal tersebut bisa Teman Traveler lakukan di Tebing Keraton, salah satu lokasi wisata ter-hits Bandung. Dari puncak lokasi ini kalian bisa melihat indahnya hamparan kawasan hutan Kota Kembang dan menikmati sinar mentari memanjakan.

Sebagai pengingat, jalan menuju Tebing Keraton tidak terlalu mulus. Butuh usaha ekstra untuk bisa mencapai tempat ini. Namun begitu sampai di puncak Teman Traveler bakal disuguhi ‘Karaton’ atau ‘Kemegahan Alam’ dalam bahasa Sunda.

Tak perlu khawatir kantong bakal bolong usai mengunjungi Tebing Keraton. Pengelola hanya mematok biaya tiket masuk sekitar 11 ribu rupiah saja.

7. Kawah Putih Ciwidey

Wisata Bandung Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey via Shutterstock

Sesuai namanya, Kawah Putih berada di kawasan Ciwidey dan merupakan bagian dari wilayah Gunung Patuha. Warna putih berasal dari aliran air yang konon mengandung zat kimiawi tertentu, meski sebenarnya warna tersebut cenderung hijau dan bisa berubah-ubah sesuai kondisi alam sekitar. Terlepas dari hal tersebut, kawah putih sangat bagus dijadikan latar belakang berfoto ria.

Sebelum dibuka sebagai tempat wisata, Kawah Putih Ciwidey sempat menyimpan cerita misteri. Warga sekitar kabarnya enggan mendekat karena mereka tahu ada banyak burung yang mati begitu melintas di atas kawah. Usut punya usut, satwa-satwa malang tersebut harus meregang nyawa lantaran keracunan gas belerang.

Destinasi wisata indah ini berada di ketinggian 2.090 mdpl. Banyak traveler kerap memanfaatkannya untuk menambah koleksi foto indah atau bahkan melakukan sesi pre-wedding. Teman Traveler bisa mencapai lokasi ini dengan menumpang kendaraan umum via Terminal Leuwi Panjang dan Ciwidey.

8. Grafika Cikole

Wisata Bandung Grafika Cikole
Grafika Cikole via Shutterstock

Kabut yang kerap menyelimuti Bandung membuat Kota Kembang menawarkan suasana mirip di luar negeri. Salah satunya bisa Teman Traveler alami di Grafika Cikole. Destinasi wisata hits di Paris van Java ini memiliki atmosfer syahdu yang tak kalah jika dibandingkan dengan Selandia Baru.

Selain mengagumi keindahan alam sekitar, Teman Traveler juga bisa menjajal beragam wahana seru di Grafika Cikole. Mulai dari outbond, flying fox, paint ball, dan masih banyak lagi. Pas dijadikan sebagai destinasi liburan bareng sahabat maupun keluarga.

Jika ingin menginap, Grafika Cikole juga menyediakan akomodasi khusus. Penginapan tersebut hadir dalam wujud unik karena mirip rumah hobbit di kisah Lord of The Ring. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mencoba?

9. Farmhouse Lembang

Wisata Bandung Farmhouse Lembang
Farmhouse Lembang via Shutterstock

Selain Grafika Cikole, nuansa ala Eropa juga bisa Teman Traveler dapatkan di Farmhouse Lembang. Demi menghadirkan nuansa unik, pengelola mendirikan sejumlah bangunan dengan mengambil inspirasi bangunan khas Eropa Abad Pertengahan. Namun sesuai namanya, lokasi ini sejatinya adalah peternakan dan pusat pengolahan susu.

Kebanyakan pengunjung datang ke Farmhouse Lembang untuk berfoto-foto. Namun selain itu Teman Traveler bisa menikmati beragam petualangan asyik di Rumah Hobbit dan Pettin Zoo aias kebun binatang mini. Setelah lelah berjalan, kalian bisa duduk santai sembari menikmati sosis bakar atau susu segar.

10. De’Ranch

Wisata Bandung De Ranch Lembang
Pengunjung di De Ranch Lembang via Instagram.com/rika_febriyanti_hermana

Bermimpi menjadi koboi dan hidup di era liar daerah Barat? Well, sebagian kecil impian tersebut bisa Teman Traveler wujudkan di De’Ranch. Destinasi wisata ini memberi kesempatan pada pengunjung untuk berkeliling naik kuda, sembari mengenakan kostum koboi lengkap. Keren bukan?

Nuansa yang ditawarkan pun sangat berbeda dibanding destinasi wisata di Bandung pada umumnya. Sembari mengagumi kecantikan alam sekitar, Teman Traveler bisa sedikit berfantasi dan berlagak bak koboi di film-film Hollywood.

Tiket masuk De’Ranch juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar 5 ribu rupiah. Asyiknya lagi, Teman Traveler bisa menukarkannya dengan berbagai pilihan minuman segar. Selain menyewa kostum, kalian juga bisa menjajal beragam arena ketangkasan seperti panahan, flying fox, dan masih banyak lagi.

11. Dusun Bambu

Wisata Bandung Dusun Bambu
Pemandangan di Dusun Bambu via Shutterstock

Padatnya kegiatan kantor atau studi selama sepekan kadang bisa membuat pikiran penat. Jika terlalu lama dibiarkan, tubuh dan otak bisa jadi stress. Salah satu solusi terbaik adalah berwisata di akhir pekan dan merilekskan diri dalam pelukan pesona alam.

Hal tersebut bisa Teman Traveler lakukan di Dusun Bambu. Destinasi di kawasan Kertawangi, Bandung Barat ini menawarkan atmosfer tenang – pas untuk bersantai dari hiruk pikuk kota. Lokasinya juga tergolong baru, diresmikan pada 2014 silam.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah, Teman Traveler sudah bisa merasakan beragam keseruan di dalam Dusun Bambu. Selain restoran ala saung dekat danau, pengunjung juga bakal dimanjakan oleh restoran, villa, dan pasar khatulistiwa. Pas sekali dijadikan destinasi liburan bersama keluarga maupun sosok terdekat di akhir pekan.

12. Sungai Citarum

Wisata Bandung Rafting Sungai Citarum
Rafting seru di Bandung via Instagram.com/rafting_bandung

Begitu bicara soal Bandung, kebanyakan traveler otomatis berpikir soal jalan-jalan santai di tengah kota dan menjelajah beragam bangunan bersejarah. Namun jika Teman Traveler hobi mengagumi pesona alam, ada sejumlah destinasi yang wajib dikunjungi di Kota Kembang. Sungai Citarum adalah salah satunya.

Sungai Citarum terletak tak jauh dari kawasan pegunungan. Tak heran jika air di sini begitu jernih dan menyegarkan. Namun kebanyakan pengunjung merasakan keseruan berwisata di Citarum dengan menjajal bermain arung jeram.

Rafting di Citarum bisa jadi salah satu opsi Teman Traveler untuk liburan akhir tahun. Titik mula arung jeram ada di Desa Cisameng,.

13. Trans Studio Bandung

Wisata Bandung Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung via Instagram.com/aat2107

Puas menjelajah wisata alam Bandung, kini waktunya mengeksplorasi destinasi dalam kota. Salah satu kawasan wisata keluarga di Kota Kembang tak lain adalah Trans Studio Bandung. Tiket masuknya memang tidak murah, sekitar 150 hingga 250 ribu rupiah, namun Teman Traveler dijamin bakal merasakan banyak keseruan di salah satu taman hiburan terbesar di Indonesia ini.

Trans Studio Bandung menawarkan beragam keseruan untuk segala usia, mulai anak-anak hingga dewasa. Hal tersebut tercermin dari wahana yang tersedia, ekstrem hingga biasa. Dijamin tak bakal ada habisnya mengeksplorasi kawasan seluas 1,7 hektar ini.

Dibuka sejak 2011 silam, pengelola Trans Studio Bandung terus berinovasi untuk menarik minat pengunjung. Selain konsisten melakukan pembaruan wahana, sesekali diadakan parade meriah dengan tema Halloween, Valentine, atau event menarik lainnya. Tak akan rugi mengunjungi kawasan wisata satu ini.

14. Museum Geologi

Wisata Bandung Museum Geologi Bandung
Fosil di Museum Geologi Bandung via Shutterstock

Bagi Teman Traveler yang tak punya bujet terlalu banyak, jangan khawatir. Bandung masih punya sejumlah tempat seru dengan tiket terjangkau atau bahkan gratis. Salah satunya adalah Museum Geologi.

Bangunan bersejarah ini terletak di kawasan Diponegoro. Sembari berjalan-jalan santai, Teman Traveler bisa mempelajari beragam fakta dan pengetahuan menarik seputar sejarah geologi di Indonesia. Mulai dari zaman dinosaurus, manusia purba, hingga era modern, semuanya disajikan dengan menarik dan tidak membosankan.

Museum Geologi sangat mudah dijangkau dari berbagai sudut kota. Naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi takkan jadi masalah. Tiket masuknya juga termasuk murah, hanya sekitar 2-3 ribu rupiah saja. Pengecualian untuk turis asing, yang dipatok biaya masuk 10 ribu rupiah.

15. Curug Malela

Wisata Bandung Curug Malela
Curug Malela via Shutterstock

Keindahan Air Terjun Niagara sudah dikenal begitu luas. Tak sedikit orang yang bercita-cita datang langsung ke Kanada dan mengagumi langsung kemegahannya. Namun jika kesempatan itu belum datang, Teman Traveler bisa berkunjung ke Cicadas sebagai alternatif.

Di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Bandung Barat, terdapat sebuah air terjun bertingkat yang oleh warga sekitar dijuluki Niagara Mini. Air terjun tersebut sejatinya bernama Curug Malela. Namun berkat kekuatan media sosial, banyak traveler mengenalnya sebagai kembaran Niagara.

Sebelum mengunjungi Curug Malela, ada baiknya Teman Traveler mempersiapkan fisik dan perbekalan cukup. Sebab jalan menuju air terjun ini tidak mudah, butuh perjuangan ekstra keras. Namun begitu sampai di sana, kalian akan dimanjakan megahnya aliran air dari ketinggian 70 meter.

16. Tempat Wisata di Bandung Lembang

Wisata Bandung Lembang Farmhouse
Lembang Farmhouse via Shutterstock

Selain daerah perkotaan, pesona keindahan Bandung juga tersebar di berbagai sudut lain. Salah satunya ada di Lembang. Kota di wilayah Paris van Java ini memiliki sederet potensi wisata alam yang luar biasa.

Tak heran jika Lembang kerap jadi salah satu tujuan populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Banyak destinasi menarik nan seru yang cocok untuk solo traveling maupun wisata keluarga.

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu
Ulasan Gunung Tangkuban Perahu juga bisa jadi cerita liburan yang seru via Shutterstock

Gunung Tangkuban Perahu bisa jadi pilihan jika Teman Traveler mencari destinasi wisata dengan nuansa pegunungan dan hawa menyegarkan. Lokasi eksotis ini dikelilingi hamparan hutan pinus indah. Kalian juga bisa berjalan-jalan menikmati kecantikan perkebunan teh sekitar.

Tangkuban Perahu juga menyimpan cerita menarik. Jika diperhatikan, puncak gunung ini menyerupai lambung perahu terbalik. Menurut legenda yang beredar di masyarakat, hal tersebut perahu raksasa yang dibangun Sangkuriang dalam semalam – terkait usahanya menikahi Dayang Sumbi.

Teman Traveler yang ingin berkunjung ke Tangkuban Perahu sebaiknya membawa masker atau penutup hidung dan mulut. Sebab di sekitar kawasan kawah bakal tercium aroma belerang menyengat. Jika sedang tak bernasib baik, bisa-bisa kalian dibuat pingsan karena terlalu banyak menghirupnya.

Wisata Bandung Taman Miniatur Kereta Api
Taman Miniatur Kereta Api via Shutterstock

Berikutnya ada wahana wisata bernuansa edukatif, Taman Miniatur Kereta Api. Sesuai namanya, pengunjung akan disajikan beragam bentuk gerbong dan lokomotif dalam versi mini. Teman Traveler bisa belajar banyak soal perkembangan transportasi kereta api Indonesia di tempat ini.

Taman Miniatur Kereta Api merupakan bagian dari kawasan Floating Market Lembang. Semua detail yang disajikan di sini sungguh mengagumkan, dari miniatur gedung, perumahan, hingga jalanannya. Miniatur kereta apinya sendiri dibuat dengan skala 1:24. Hebatnya lagi, semua kereta tersebut bisa berjalan menyusuri rel seperti versi aslinya.

Wisata Bandung Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha via Instagram.com/aiman_m_j

Lembang juga memiliki sejumlah bangunan peninggalan Belanda. Salah satunya adalah Observatorium Bosscha. Didirikan pada 1923 silam, fasilitas ini kerap disebut-sebut sebagai tempat observasi benda-benda langit tertua di Indonesia.

Selain memiliki teropong raksasa untuk mengamati kondisi angkasa, Bosscha juga dilengkapi sejumlah sarana edukatif lain. Pengunjung bisa belajar banyak hal mengenai benda langit dan seputarnya. Oleh karena itu tak perlu heran jika destinasi wisata ini sering dikunjungi rombongan pelajar sekolah maupun siswa perguruan tinggi.

Bosscha sendiri juga punya bentuk bangunan unik, dengan atap menyerupai sangkar. Teman Traveler bisa memanfaatkannya sebagai latar belakang foto. Apalagi suasana di sekitarnya juga cukup asri.

Wisata Bandung Taman Begonia Lembang
Taman Begonia Lembang via Instagram.com/rerechiia

Puas menjelajah kawasan Bosscha, Teman Traveler bisa melanjutkan petualangan ke wisata Lembang lainnya – Taman Begonia. Warga sekitar juga mengenal tempat ini dengan nama Kebun Begonia Glory. Di dalamnya terdapat hamparan bunga-bunga cantik, salah satunya adalah Baliena alias bunga khas Bali.

Kebanyakan pengunjung di Taman Begonia datang untuk sekedar bersantai maupun berfoto-foto ria. Namun lokasi ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti pusat edukasi dan kuliner. Kalian bisa berjalan-jalan sembari menambah pengetahuan soal bunga, sebelum bersantai menikmati beragam sajian lezat.

17. Tempat Instagramable di Bandung

Pemandangan Bandung dari udara
Pemandangan Bandung dari udara via Shutterstock

Bandung dan kreatif bak dua hal yang sulit dipisahkan. Hampir di seluruh sudut Kota Kembang, terlihat jejak-jejak kreasi unik dan memanjakan mata. Hal tersebut lantas menular ke sejumlah lokasi wisata di Paris van Java.

Sederet tempat Instagramable di Bandung pun hadir untuk memanjakan para penghobi foto. Jenisnya pun beragam, mulai dari museum khusus selfie hingga kafe atau restoran dengan konsep dekorasi unik. Intinya, banyak tempat yang bisa Teman Traveler pilih untuk menambah koleksi foto menarik.

Wisata Bandung  Upside Down World Bandung via Instagram/ fauzi.mukh
Dunia Terbalik di Upside Down World Bandung via Instagram/ fauzi.mukh

Upside Down World bisa jadi pilihan buat Teman Traveler yang ogah pergi jauh-jauh dari wilayah perkotaan. Destinasi ini menyediakan beragam wahana selfie dengan perabotan berbeda. Uniknya, semua yang berfoto di sini bakal terlihat seperti sedang berdiri terbalik di langit-langit rumah.

Wisata Bandung Amazing World 3D
Amazing World 3D via Instagram/ ludyarahayu

Jika masih belum puas dengan Upside Down World, Bandung masih punya satu lagi wisata sejenis. Namanya Amazing Art World 3D dan baru dibuka pada awal 2017 silam. Di sini Teman Traveler bakal menemukan banyak lukisan keren dengan nuansa trick-eye alias ilusi mata.

Dengan sudut pengambilan gambar yang tepat, Teman Traveler bisa terlihat seolah-olah sedang berada di tempat tak terbayangkan. Mulai dari puncak Monas hingga jembatan kayu di tengah kawah gunung berapi. Semua lukisan di sini terlihat sangat nyata, buah kolaborasi seniman Korea Selatan dan Nusantara.

Wisata Bandung D'Dieuland
Kastil di D’Dieuland via Instagram.com/mega_steven08

Ingin merasakan nuansa ala Eropa di Bandung? Langsung saja meluncur ke D’Dieuland. Tempat wisata ini berada di kawasan Punclut, Dago. Ada banyak wahana menarik yang bisa dinikmati oleh anak-anak maupun dewasa.

Salah satu daya tarik utama D’Dieuland adalah struktur bangunan tinggi mirip kastil. Jika dilihat dari kejauhan mirip istana yang ada di logo Disneyland. Tak heran jika banyak traveler di media sosial menjuluki tempat ini sebagai Disneyland-nya Bandung.

Wisata Bandung Kampung Dago
Mural di Kampung Dago via Instagram kampungkreatif

Berikutnya ada Kampung Dago Pojok yang terkenal dengan muralnya. Keberadaan lukisan dinding indah membuat wilayah ini mendadak populer di kalangan wisatawan. Padahal sebelumnya tak banyak orang tahu perihal keberadaan Kampung Dago Pojok.

Asyiknya lagi, pengunjung tak sekedar berfoto-foto di sini. Mereka juga bisa belajar lebih dalam mengenai kebudayaan Sunda. Beberapa rumah warga disulap menjadi workshop pembuatan wayang, alat musik bambu, dan tempat pertunjukan seni.

18. Ngapain di Bandung? Ini yang Bisa Dilakukan

Salah satu sudut Bandung
Salah satu sudut Bandung via Shutterstock

Pertanyaan ini mungkin sering mampir dalam benak para Teman Traveler, terutama kalian yang sudah punya rencana jalan-jalan ke Bandung. Well, ada banyak hal seru yang sebenarnya bisa dicoba di Paris van Java. Mulai dari wisata sejarah, berfoto-foto di spot Instagenic, menjajal beragam kuliner, atau bahkan wisata religi.

Dimulai dari wisata sejarah, ada banyak bangunan lawas peninggalan kolonial di Bandung. Gaya arsitekturnya masih terus dipertahankan hingga kini, meski sejumlah fungsinya sudah beberapa kali dialihkan. Kini banyak wisatawan yang mengunjungi gedung-gedung bernuansa klasik tersebut, entah untuk sekedar dikagumi maupun berburu foto.

Wisata Bandung Gedung Sate
Sudah liburan ke Gedung Sate? Bisa jadi cerita liburan via Shutterstock

Salah satu bangunan bersejarah paling terkenal di Bandung adalah Gedung Sate. Ciri utamanya adalah ornamen berbentuk tusuk sate di atap gedung. Jika ingin belajar lebih banyak soal peninggalan arsitektur di sini, Teman Traveler bisa mengunjungi museum khusus di dalamnya.

Hotel Bidakara
Hotel Bidakara via Shutterstock

Berikutnya ada Hotel Bidakara. Bangunan megah ini pernah difungsikan sebagai barak mewah tentara Jepang, sebelum diubah menjadi hotel untuk tempat peristirahatan tamu agung selama Konferensi Asia-Afrika 1955. Arsitektur Hotel Bidakara cukup unik, bergaya art-deco dan masih terus dipertahankan hingga kini.

Tentu saja Bandung masih punya banyak bangunan bersejarah lain yang tidak bisa disebutkan seluruhnya di sini. Namun jika Teman Traveler sudah merasa lelah berkeliling Paris van Java, tak ada salahnya menjajal beragam warisan kuliner khas Kota Kembang.

Roti Bakar Gempol
Roti Bakar Gempo via Instagram.com/mahasiswakulineran

Sejumlah makanan legendaris Bandung yang patut kalian coba antara lain; Warung Kopi Purnama yang sudah berdiri sejak 1930, sate legendaris Jando Cimandiri, Roti Bakar Gempol, dan Batagor Riri. Jangan lupakan juga nikmatnya penutup mulut lawas seperti Ronde Alkateri dan es krim tradisional di Sumber Hidangan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Bandung belakangan digilai turis milenial berkat keberadaan sejumlah tempat Instagenic. Tak cuma museum selfie, sederet tempat makan dan nongkrong di Kota Kembang didekorasi sedemikian rupa hingga terlihat cantik. Pengunjung pun jadi betah berlama-lama di sana.

Wisata Bandung Little Korea
Pengunjung di Little Korea via Instagram/ ellasuma

Pertama ada Kampung Korea atau Little Seoul, berada tak jauh dari Stasiun Bandung. Di sini Teman Traveler bakal merasakan nuansa ceria ala negeri ginseng. Setelah itu kalian bisa lanjutkan perjalanan ke China Town yang tentu saja menghadirkan atmosfer unik ala Negeri Tirai Bambu. Dijamin seru mengunjungi dua tempat tersebut karena ada banyak hal menarik yang bisa kalian temui.

19. Wisata di Bandung 2019

Barusen Hill
Barusen Hill via Instagram.com/randi_suryanagara

Meski sudah dikenal sebagai salah satu kota favorit pelancong di Indonesia, Bandung tak lantas berpuas diri. Pemerintah maupun pelaku bisnis pariwisata setempat terus berinovasi. Hampir tiap bulan Kota Kembang selalu membuat gebrakan baru dengan menelurkan destinasi wisata berkonsep unik.

Kebun Teh Rancabali
Kebun Teh Rancabali via Instagram.com/barli8js

Tidak mengejutkan jika geliat wisata di Bandung bakal semakin terasa di 2019 mendatang. Bakal ada semakin banyak tempat pelesiran maupun jalan-jalan seru di Paris van Java. Asyiknya, beberapa sudah mulai di-soft launching, sebelum sepenuhnya beroperasi tahun depan.

Ada Barusen Hills di Ciwidey, yang memiliki hamparan bunga warna-warni plus miniatur kincir angin bak negeri Belanda. Berikutnya ada Kebun Teh Rancabali dengan pemandangan alami nan eksotis. Jangan lupakan juga asyiknya berjalan-jalan seru di Dusun Bambu, berlokasi di Jl Kolonel Matsuri km 11, Cisarua.

20. Peta Tempat Wisata di Bandung

Peta Wisata
Peta Wisata (c) Kabupaten Bandung

Potensi wisata yang luar biasa membuat Bandung bak magnet bagi para traveler yang haus akan destinasi indah nan menarik. Hal tersebut seolah berbanding lurus dengan arah pembandungan di Kota Kembang, yang tak hanya semata mementingkan fungsi namun juga estetika dan pariwisata.

Bandung pun kini sudah punya puluhan tempat wisata menarik, tersebar di seluruh sudut wilayah perkotaan. Jumlahnya bisa lebih banyak lagi jika mempertimbangkan destinasi di Lembang dan sekitarnya.

21. Tempat Wisata di Bogor

Panorama Bogor dari ketinggian
Panorama Bogor dari ketinggian via Instagram.com/wisata_bogor

Bogor kerap jadi alternatif tujuan wisata warga ibu kota jika Bandung dirasa terlalu padat. Letak kedua kota tersebut cukup berdekatan, hanya terpisah perjalanan darat selama kurang lebih 4 jam. Karakteristik keduanya juga lumayan mirip, sama-sama berada di dataran tinggi dan berhawa lumayan dingin.

Tak jauh beda dari Bandung, Bogor pun punya sejumlah wisata bernuansa alam yang memukau. Kualitas udara di Kota Hujan juga lebih bagus ketimbang Jakarta, cocok untuk bersantai melepas penat di akhir pekan.

Jerapah di Taman Safari Bogor
Jerapah di Taman Safari Bogor via Instagram.com/2009.train

Wisata terkenal pertama di Bogor adalah Taman Safari Indonesia. Di kawasan seluas 50 hektar ini Teman Traveler bisa menyaksikan tingkah polah beragam hewan dari jarak dekat. Taman ini sudah beroperasi sejak 1980 dan menjadi taman safari pertama di Tanah Air.

Seiring berjalannya waktu, pengelola terus menambah beragam fasilitas dan wahana menarik. Kini luas Taman Safari diperkirakan sudah mencapai 160 hektar lebih. Kawasan ini selalu ramai menjelang akhir pekan maupun musim liburan.

Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas via Instagram.com/indonesia_archipelago

Berikutnya ada Kebun Raya Cibodas. Meski tak seterkenal Kebun Raya Bogor, tempat ini belakangan jadi hits di media sosial. Penyebabnya tak lain adalah mekarnya bunga sakura yang ditanam pengelola setempat.

Pengunjung pun berbondong-bondong datang, berhasrat menciptakan foto keren dengan nuansa ala Jepang. Total ada 435 pohon Sakura di destinasi yang berada di kawasan Gunung Gede Pangrango ini. Hebatnya lagi, pohon-pohon tersebut bisa mekar dua kali dalam setahun.

Penangkaran Rusa Girijaya
Penangkaran Rusa Girijaya via Instagram.com/tamanrusagirijaya

Wisata bernuansa alam berikutnya yang pantang Teman Traveler lewatkan adalah Penangkaran Rusa Girijaya. Sejumlah sumber menyebutkan tempat ini sudah berdiri sejak 1993. Arealnya begitu luas, membentang hingga lima hektar.

Pengunjung di sini bisa berinteraksi langsung dengan beragam jenis rusa, mulai dari Bawean, Jawa, hingga Cheetal. Mencoba memberi makan rusa pun juga tak ada salahnya. Jangan lupa pula untuk mengabadikan panorama di sekitar Giri Jaya, karena pemandangannya sungguh luar biasa.

22. Wisata Ikan Bandung

Peta Park Bandung
Peta Park Bandung via Instagram.com/petapark

Kembali ke seputar wisata di daerah Bandung, ada sejumlah destinasi yang coba menarik minat pengunjung dengan beragam wahana bahari. Tempat-tempat ini biasanya menyediakan kolam arus, tempat pemancingan, maupun atraksi menarik lain yang berhubungan dengan ikan.

Salah satunya adalah Peta Park yang terletak di Jl Peta. Sesuai namanya, destinasi ini merupakan sebuah taman asri untuk menghabiskan waktu santai bersama orang-orang terdekat maupun keluarga. Menariknya, di sini terdapat sebuah sungai buatan yang dipenuhi banyak ikan-ikan lucu.

Peta Park Bandung
Peta Park Bandung via Instagram.com/petapark

Berikutnya ada Padepokan Dayang Sumbi. Tempat ini sering dikunjungi oleh rombongan pelajar SD maupun Taman Kanak-Kanak. Pengunjung di sini bisa belajar dan menyaksikan langsung pembuatan kain sutra. Selain itu juga ada kesempatan untuk memberi makan kelinci dan menangkap ikan.

Kebun binatang mini di Rabbit Town
Kebun binatang mini di Rabbit Town via Instagram.com/fennyderulipurba

Terakhir ada Rabbit Town. Tempat ini memang lebih dikenal dengan wisata selfie-nya, yang sempat memancing kontroversi. Namun tak banyak yang tahu bahwa pengelola juga menghadirkan kebun binatang mini. Di sini pengunjung bisa menjajal sensasi memberi makan ikan, burung, merpati, monyet, dan rusa.

Itulah sederet wisata di sekitar Bandung yang pantang Teman Traveler lewatkan. Kini kalian tak perlu lagi bingung mencari inspirasi liburan menjelang akhir tahun di Kota Kembang.

www.travelingyuk.com

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Contact Us

If you have any questions, please contact us.